Pages

topbella

Sabtu, 24 Desember 2011

Mahasiswa dan Demo


Dari judulnya saja kita tidaklah asing dengan kata-kata mahasiswa dan demo apalagi hubungan keduanya, seperti yang kita lihat sekarang mahasiswa itu identik dengan tukang demo, bagaimana tidak seperti itu, di televisi dan Koran mengabarkan mahasiswa dari universitas terkemuka ataupun tidak selalu melakukan unjuk rasa untuk menentang kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, tidak usah jauh-jauh di kampus saya sangat terlihat sekali mahasiswa yang berdemo ria di tengah jalan menuntut kebijakan yang dibuat oleh universitas.
Sebenarnya mereka tidakkah berfikir apakah yang mereka lakukan bisa mendapatkan hasil untuk kebaikan semua? Tentu tidak. Apakah mereka berfikir demo yang mereka lakukan tidak mengganggu kenyaman masyarakat sekitar?, dan belum tentu  yang mereka koar-koarkan didengar oleh pihak yang di demo. Apakah itu bukan termasuk perbuatan yang sia-sia saja? Tidak adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa tanpa demonstrasi, seharusnya mereka lebih memikirkan hal itu.

            Sekarang bukan zamannya tahun 1998 yang mana mahasiswa berdemo untuk menjatuhkan masa orde baru pak soeharto berhasil, ini sudah zamannya demokrasi. Oleh karena itu aksi-aksi yang frontal tidak akan menyelesaikan masalah malah memperburuk situasi. Apakah kita dikuliahkan di perguruan tinggi hanya untuk menjadi tukang demo? Tentu tidak bukan, kita dikuliahkan untuk menjadi seorang yang berintelektual dan berpendidikan untuk dapat memajukan bangsa. Walaupun berdemo juga berfikir kritis, alangkah baiknya sebagai mahasiswa yang berpendidikan kita bisa memberikan solusi-solusi tanpa berdemo, kita dapat melakukan sharing dengan pihak yang mampu menyampaikan inspirasi kita, seminar atau adu argument supaya mendapatkan solusi untuk mendapatkan jawaban dari masalah tersebut.

            Kita boleh melakukan aksi, tapi beraksilah sesuai dengan kabilitas yang dimiliki, bukan sekedar aksi atau demo yang dapat mengganggu kenyaman orang disekitar kita. Setuju??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^