Pages

topbella

Senin, 04 Juni 2012

Mantra Penyemangat



Mantra penyemangat? Apakah itu? Wah apakah mantranya Harry Potter ya, tapi ada kata-kata “penyemangat” tentunya mantra ini membangkitkan semangat kita. ^_^ hehe.. ada yang tau?

Man Jadda wajada..
ya kalimat tersebut tak asing lagi kita dengar, apalagi kata-kata ini populer pada masyarakat setelah memboomingnya novel trilogi Negeri 5 Menara karangan A.Fuadi. novel yang belatar belakang pondok pesantren modern gontor ini, berhasil menginspirasi kita baik kalangan muda hingga tua dalam  meraih suatu impian atau cita-cita. Dan ini adalah kisah nyata dari A.Fuadi. dan penerapan kalimat tersebut sudah mendarah daging dalam kehidupan pesantren A.Fuadi dan kawan-kawan.
       Tapi sebenarnya apa sih arti kalimat "Man Jadda wajada"? secara pemaknaan pengertiannya adalah “Barang siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil” tetapi dalam arti harafiahnya kata “wajada” mengandung makna “Mendapat”. Lalu bagaimana hubungannya dengan kata-kata “Berhasil”? jika kita renungkan sekali lagi bukankah jika kita bersungguh-sungguh akan mendapat sesuatu yang kita inginkan, oleh karena itu murodif atau padanan kata dari wajada adalah berahasil, walaupun bahasa Arabnya berhasil bukan “wajada” tetapi “najaha”, karena bahasa Arab kaya akan makna.
            Tapi apakah dengan mantra ini sudah cukup bagi kitauntuk berhasil? TIDAK. . ini hanyalah mantra penyemangat, bukan sebuah mantra yang bisa merubah kita menjadi sukses dalam sekejap, sepertinya mantra mbah jin, wah nanti syirik dong. tentunya perlu kerja keras (ikhtyar) dan do’a semaksimal mungkin. Jangan sampai kita misunderstanding dengan mantra penyemangat ini, dengan hanya mengucpkannya saja, menulis di agenda kita tetapi kita tak pernah bersungguh-sungguh atau bekerja keras dengan mimpi kita.
Dan sekali lagi ini hanyalah hanya mantra penyemangat yang bersumber dari pepatah Arab, bukan jimat ataupun hadis Rasulullah SAW. Karena pada waktu yang lalu ketika saya searching di mbah google ada sebuah koran online (*namanya disensor) mengatakan ini adalah sebuah hadis. Mungkin mereka tidak tahu ya, Ayo kita mengamalkan  mantra “Man jadda wajada” sebagai mantra penyemangat ketika ghirah (ruh/semangat) dalam menuntut ilmu dsb sedang kendur. OK Sobat


by: Erika hime~

7 komentar:

  1. Kewajiban manusia adalah berusaha.
    Masalah berhasil atau tidak adalah urusan Allah.

    So keep trying ^^
    ganbatteeeeee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. of course~ yang punya kuasa cuma Dia
      ganbatte ^^

      Hapus
  2. wah jadi inget dulu sekolah, mahfudzat yang bisa menggugah semangat bagi yang mau meresapinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo mahfudzatnya diresapi dan diamalkan insyaallah ghirah mencari ilmu akan dapat ^^

      Hapus
  3. keinget film nya si entong yang dulu tayang di TPI hehehehe

    BalasHapus
  4. man jadda wajadda lebih ampuh daripada mantra harry potter kak. haha :D

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me