Pages

topbella

Senin, 05 Maret 2012

‘Afwan Jiddan?? Emang Ada?

        Sudah lama sekali ingin saya posting cerita ini, dulu tepatnya sebelum tahun 2012 ada seorang akhwat mengirim sms ke saya dengan mengatakan "Afwan Jiddan". saya yang menerimanya hanya bisa terdiam dan sedikit merenung, memang ada yah kata-kata seperti itu?? perasaan saya memang tidak ada, dan itu sangat asing ditelingga, yasudah saya tak berkomentar apa-apa takut dibilang sok pintar karena kuliah jurusan bahasa Arab. lama-lama ya saya makin penasaran ingin mencari bukti bahwa kata-kata tersebut tidak ada atau tidak digunakan orang arab apalagi dalam bahasa Arab amiyah.

         Setelah saya coba-coba browsing saoal kata tersebut saya menemukan penjelasan yang bisa menguatkan argumen saya soal kata-kata 'Afwan jiddan yang dimaknai oleh orang banyak yaitu "maaf banget,maaf sekali" itu sebenarnya kurang tepat, saya tak mengatakan ini salah. hanya saja janganlah digunakan apalagi berbicara dengan orang Arabnya langsung, dijamin tidak mengerti ^^
Secara kata perkata, memang terlihat benar, karena ‘afwan berarti maafkan aku, sedangkan jiddan artinya sungguh-sungguh/benar-benar.

Tahukah engkau saudara/i ku, ternyata kalimat ‘afwan jiddan ini sama seperti seseorang yang belajar bahasa Inggris kemudian mengatakan, “My watch is dead”. Secara kata perkata memang benar, namun secara penggunaan bahasa asalnya, kalimat tersebut bukanlah kalimat yang benar.

Kata ‘afwan itu sendiri sebenarnya sudah merupakan sebuah permintaan maaf yang sangat. Jika dirinci, kata ‘afwan mempunyai kalimat lengkap Asta’fika yang artinya aku benar-benar minta maaf kepadamu. Nah, berarti maksud orang yang mengatakan ‘afwan jiddan bahwa ia minta maaf dengan sungguh-sungguh sebenarnya sudah diwakilkan dengan kata ‘afwan itu sendiri. Adapun kata dalam bahasa arab lainnya yang berarti maaf adalah aasif. Dan untuk kata ini (aasif) tidak terkandung makna permintaan maaf dengan sungguh-sungguh.

sekarang sudah taukan bahwa kata-kata "afwan Jiddan" itu kurang tepat??
jika sudah tau belajar bahasa Arab yang benar yukk .... ^^ supaya tidak salah menggunakannya lagi.


9 komentar:

  1. terima kasih infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr wb
    Permisi numpang baca z.
    Salam knal n salam sukses aja.
    Klo ada wktu silakan berkunjung ke www.makasampaikanlah.blogspot.com
    Wassalam wr wb

    BalasHapus
  3. alit: wa'alaikumslam wr.wb
    ia terimakasih, insyaallah sya berkunjung ke blog anda ^^

    BalasHapus
  4. terima kasih infonya..saya juga sering bilang afwan jiddan. bgitu to

    BalasHapus
  5. Asslm,,
    mksih buat info'y yaa ukh,,ana jg srg blg sprti itu,,

    BalasHapus
  6. Sunbernya cantumin ukh. Klo ambil artikel... jafi g asal copas..
    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini artikel saya menulis sendiri ya dgn bahasa sya sendiri , disitu saya sudah tulis silahkan browshing sendiri untuk penjelasan yang lain. saya juga buka kamus. jadi ga asal comot atau ambil artikel org dan ga copas gitu saja. terimakasih

      Hapus

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me