Pages

topbella

Sabtu, 03 Desember 2011

Bagaimanakah Waktu yang Berkualitas

Kewajiban pertama seorang muslim adalah mampu memelihara waktunya sebagaimana ia memelihara hartanya. Karena didalam islam waktu adalah suatu hal yang penting, bahkan seorang muslim yang baik mampu memanfaatkan waktu yang ia miliki untuk berbagai aspek yang bermanfaat bagi hidupnya dan orang sekitarnya, baik untuk kepentingan dunia dan agamanya.
“ Demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan saling mengingatkan dalam kesabaran” (QS.al-Ashr:1-3)

Sudah sangat jelas diterangkan dalam ayat diatas bahwa orang yang tak pandai memenej dan memanfaatkan waktu dengan baik adalah orang yang merugi, terutama merugi dunia dan akhirat. Kalau mau jujur sobat, tiap nafas yang kita hembuskan itu satu jengkal langkah kita dengan liang kubur, betul tidak??? Bukannya nakut-nakutin loh. Ini serius!

Ada hal yang yang tak dapat kembali dalam hidup kita, yaitu
Kata yang telah diucapkan
Waktu yang telah lewat
Momentum yang diabaikan
Sungguh disayangkan jika kita tak menggunakan dengan sangat baik, waktu itu adalah modal kita di dunia. Modal yang diberikan Allah kepada kita dengan Cuma-Cuma, so..ayo kita berusaha memenej waktu kita agar lebih bermanfaat.

Sobat, waktu itu ibarat pedang,jika kita tidak memotong waktu maka kita sendiri yang akan dipotongnya. Memanajemen waktu itu bukan sekedar pilihan tetapi sebuah keharusan jika kita ingin hidup sukses dan waktu kita lebih bermanfaat selama hidup kita.
Bagaimana caranya agar kita bisa mengelola waktu dengan baik? Yaitu kita harus membuat sebuah perencanaan dan mengkondidikan apa yang akan kita lakukan.
Yang harus diingat dalam memanajemen waktu:

  1. Biasakan TERTIB dan TERATUR
  2. Selalu TERENCANA
  3. Biasa dengan data dan informasi yang AKURAT
  4. Jangan MENUNDA dan MENGULUR WAKTU
  5. Selalu TEPAT WAKTU
  6. Biasakan CHEK dan RICCHEK (Evaluasi)

Jika kita dapat merencanakan sesuatu dengan baik dan teratur tentunya waktu yang kita pnya didunia ini tidak terbuang dengan sia-sia. Sebagaimana yang penulis kutip dari perkataan Stephen R. Covey “ kuncinya terletak bukan pada bagaimana anda menghabiskan waktu, tetapi bagaimana anda menginvestasikan waktu anda “
Ada Diantara orang-orang hebat yang dapat “berbuat lebih” agar waktu yang mereka miliki bisa menghasilkan sesuatu yang luar bisa, yaitu:

  • Rasulullah SAW, dalam waktu 23 tahun, beliau mampu membangun  peradaban Islam . beliau mampu membagi waktu untuk umat dan keluarganya
  • Zaid bin Tsabit, mampu menguasai bahasa Persia (farsi) dalam waktu 2 bulan
  • Abdul Hasan bin Jaradah, sepanjang hidupnya ia gunakan untuk menulis kitab-kitab yang penting sebayak 3 lemari.
Subhanallah sekali ya sobat, bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah mengahsilkan sesuatu walaupun tidak sehebat mereka? Padahal waktu yang diberikan Allah kepada mereka dengan kita sebagai hamba-Nya itu sama, mengapa mereka bisa menghasilkan karya-karya yang luar biasa? Jawabannya adalah karena kecerdasan memanajemen waktu.

    Renungkan sobat…
    Kata Imam Gazali, kalau orang umummnya berumur enam puluh tahun, dan menghabiskan waktu 8 jam sehari untuk tidur, maka dalam 60 tahun telah menghabiskan waktu 20 tahun untuk tidur, dan itulah kebanyakan manusia sekarang. Cukuplah tidur 3-7 jam saja asalkan tidurnya berkualitas.

By erikahime@Yogyakarta, 3 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me