Pages

topbella

Selasa, 01 November 2011

Seminar Menjadi Pendidik yang Profesional dan berkarakter.




Yogyakarta, 30 Oktober 2011 DPP PKTQ (Dana Penunjang Pendidikan Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan seminar untuk mahasiswa Tarbiyah semester tiga di ruang pertemuan fakultas, dengan tema “ Mencetak Calon Pendidik yang Berkarakter melalui Living Values”. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan dalam pengembangan kepribadian mahasiswa Tarbiyah, acara ini dibuka langsung oleh Pembina PKTQ Drs Susmanto, dengan adanya acara seminar ini beliau mengharapkan para mahasiswa sebagai calon pendidik dapat membuktikan menjadi pendidik yang professional.



            Mengutip dari sambutan bapak Pembina dalam mencetak pendidik yang berkarakter, mahasiswa di harapkan dapat melakukan perubahan yang lebih baik lagi. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, karena hidup manusia itu penuh makna dan sangat berarti. Menurut Asrofi hilal, MA selaku pembicara dari seminar ini mengatakan, tengoklah ke dalam diri Rasulullah, karena beliau adalah pendidik yang professional dan telah terbukti hasilnya, karena pribadi Rasulullah yang luar biasa, beliau tidak hanya menjadi Rasul yang menerima wahyu Allah tetapi juga sebagai seorang murobbi (pembimbing) yang sukses dalam mendidik.

            Setidaknya mahasiwa terlebih dahulu mengenal pribadi Rasulullah dan mengamalkan apa yang telah diajarkan Rasulullah sebelum mengenal tokoh-tokoh dunia yang sukses dalam mendidik. Didalam kehidupan Rasulullah telah dikenal unsur-unsur yang membuat beliau sukses menjadi pendidik yang professional dan berkarakter, unsur tersebut tidaklah asing ditelinga yang biasa kita ketahui sebagai sifat beliau. Yaitu shidiq, fathonah, amanah, dan tablig, serta istiqomah dalam melaksanakannya. Karena pendidik yang professional tahu dan jujur akan potensi dirinya, serta sangat menghargai waktu, dizaman sekarang banyak orang meremehkan waktu sehingga tidak pernah on time dalam melaksanakannya.

            Sebagai seorang pendidik menurut Ki Hajar Dewantara adalah dimana kamu berada jadikanlah sebagai sekolah, dan siapa saja yang kamu temui jadikanlah sebagai guru. Dengan dasar ini mahasiswa tarbiyah harus lebih bersemangat dalam pencapaian sukses kedepan sebagai seorang pendidik yang professional. Dan seorang pendidik professional tak luput dari komitmen yang telah tepatri, kompetensi yang dimiliki baik dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik serta kontribusi yang di berikan nanti.

            By erikahime@

2 komentar:

  1. wah,, bener nie berita buat sendiri,, knpa gak masuk majalah arena saja ....

    BalasHapus
  2. yaiyalah buat sendiri, masa ngambil berita org lain...

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me