Pages

topbella

Senin, 14 November 2011

Bersih itu Milik Siapa???


seminggu sebelum UTS: setelah perkuliahan berakhir, saya yang berada dilantai empat fakultas segera menuju tangga untuk turun kelantai satu, karena waktu sudah menunjukkan pukul 05.45 sore. Setelah mberada dilantai satu, aku tertegun melihat sebuah fenomena yang membuatku menggelengkan kepala, apakah ada yang tahu apa yang sedang terjadi?? Hehe, kalian kan belum sya beritahu, ^^ pasti tidak ada yang bisa jawab.

Yah tepatnya di lantai satu fakultas saya apalagi disamping tangga banyak sekali sisa-sisa makanan kecil, dan kulit kacang yang berserakan disitu, kita biasa sebut dengan si sampah. Masyaallah, jorok sekali ih, kerjaan siapa yah ini?? Yang pasti seorang manusia dan bukan hewan, lucu dong kalau hewan ada di kampus. Dengan gregetan saya pungut sampah tersebut dan stelah itu mengambil kamera hape saya dan mulai menjepret-jepret pemandangan itu. Kasihan sekali bapak cleaning servis nya yah, kerjaannya makin bertambah banyak.

Karena saya juga terburu-buru dan saya terkejar waktu untuk sholat magrib (waktu punya kaki ya? Bisa mengejar daku heheh) saya langsung bergegas meninggalkan kampus. Pemandangan ini tidak sekali saja saya temui dikampus, malah berulang kali. Sebelumnya disetiap pintu kelas ada sebuah kertas yang menempel bertulisan “Dilarang buang sampah di kelas”. Wah sampai diberi iklan gitu pasti buang sering buang sampah dikelas nih.

Ada apa gerangan??dengan tingkat kedisiplinan mahasiswa sekarang. Walaupun terpampang tulisan seperti itu realitanya masih saja si sampah adem ayem dikelas. Padahal kalau kampus atau kelas terlihat bersih bukannya enak dipandang mata? Miris sekali melihatnya. Lalu buat apa ada pepatah yang mengatakan “ Kebersihan Sebagian dari Iman”?? apakah hanya untuk dibaca saja, bukan untuk dilaksanakan?
Sebenarnya kebersihan itu milik siapa ?? saya, anda, mereka atau siapa?. Tentu kalian tahu jawabannya. Sebagai generasi intelektual masa depan, bukannya harus melek dengan keadaadn sekitar? Apalagi soal kebersihan, dan jangan sampai mempunyai mental jorok dan tak peduli lingkungan. Semoga kita tidak termasuk golongan seperti itu ya, ayo kita jaga kebersihan mulai dari diri sendiri. Kalau lingkungan bersih kita juga yang menikmatinya.^^

by erikahime@Yogyakarta 14 November 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me