Pages

topbella

Selasa, 01 November 2011

Seminar: Ayo Tingkatkan Potensi Kita



Yogyakarta, 9 Oktober 2011 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, memberi pelatihan kepada mahasiswa semester tiga dari semua jurusanyang dibina oleh DPP PKTQ (Dana Penunjang Pendidikan Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an). Dan pada kesempatan kali ini DPP PKTQ melaksanakan placement test al-qur’an guna mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam membaca al-qur’an dengan baik sesuai dengan tajwidnya. Sebelum pelaksanaan placement tes dimulai, mahasiswa diberi penyuluhan akan tujuan diadakan acara tersebut.
           
Sesuai dengan tema yang dipilih yakni, “Pengembangan Diri Qur’ani untuk Meraih Sukses Hidup”, tema yang sangat menarik ini disampaikan oleh Drs. Radino M.PdI, Dosen jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam). Beliau menjelaskan bahwa suksesnya seseorang dalam pembelajaran tergantung karakter gurunya, karena guru adalah panggilan nurani, sebuah pekerjaan suci yang membawa panji-panji ajaran Islam. Sebagai guru harus terlebih dahulu mengenali potensi dirinya sebelum mentransfer ilmu kepada anak didiknya kelak. Sebagaimana hadis Rasulullah:
من عرف نفسه فقد عرف ربه
“ Barang siapa yang mengenal dirinya, maka ia telah mengenal Tuhannya”
            “Sebagai seorang guru kelak harus bisa membuat perubahan besar dan bermanfaat” ucap Pak Radino. Pada hakikatnya potensi yang ada pada diri kita telah ada sejak lama setelah kita lahir kedunia ini, tetapi potensi itu terpendam jauh dan kita tak menyadari dan tak menggali potensi-potensi tersebut. Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa, apalagi akan menjadi pendidik pemuda-pemudi bangsa, mulai sekarang kembangkan potensi yang telah ada, baik potensi fisik, akal dan hati (sepiritual) secara terpadu yang Insyaallah mendapatkan hasil yang maksimal.

By erikahime@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me