Pages

topbella

Minggu, 05 Februari 2012

Kita dan Jepang


Apa yang kalian pikirkan ketika orang lain menggambarkan sesuatu tentang Jepang, sesuatu yang terlintas didalam kepala saya pertama kali adalah kata “Disiplin” lalu kata kedua  “Etos Kerja” dan “Manga (comic)”, Karena sudah sangat terkenal sekali bagaimana kedisplinan dan etos kerja yang dimiliki oleh Jepang yang membawa negaranya menjadi Negara yang berkembang. Dari hal Teknologi, Pendidikan, Pertanian,Industri hiburan dll, dan itu telah diakui seluruh dunia.


Pelajar Jepang yang Serius dalam Belajar
sumber:google.co.id
Dari segi pendidikan sudah tidak diragukan lagi bahwa Jepang menempati urutan teratas bersama Negara berkembang lainnya, dan itu membuat saya menjadi terinspirasi dengan keadaan mereka yang super sekali dalam hal kedisiplinan, jika kita membaca komik, menonton dorama Jepang dan melihat berita tentang mereka, tak pernah menggambarkan keadaan ketidak disiplinan, karena mereka sangat menghargai waktu. Kedisiplinan tersebut sudah ditanamkan pada diri mereka sejak kecil, jadi jangan heran jika anak umur lima tahun tidak pernah terlambat sekolah. Bagaimana dengan kita yang bukan anak kecil lagi??

Dengan etos kerja yang tinggi tak mengherankan bahwa Jepang selalu membuat inovasi terbaru dalam setiap hal. Contohnya saja dari para pelajar jepang yang selalu semangat belajar ketika akan menghadapi ujian, timbullah rasa dalam diri saya bagaimana menumbuhkan semangat belajar seperti mereka, walaupun saya belum pernah pergi ke Jepang dan melihat keadaan mereka secara langsung ,disetiap dorama yang saya tonton jarang sekali mengisahkan para pelajarnya tidak serius dalam ujian, dan ketika mereka berjuang sekeras apapun hasil yang mereka dapatkan sangat memuaskan. Seolah-olah pikiran positive dan semangat mereka seperti magic yang membuat mereka berhasil. Mereka bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu sebagaimana falsafah yang mereka pegang " doko made mo nintai shite doryoku suru" (bertahan sampai kemana pun juga dan berusaha abis-abisan) . Mengapa demikian?

Ternyata salah satu budaya Jepang ini berasal dari budaya bercocok tanam padi. Negeri sakura ini memiliki empat jenis musim setiap tahunnya, sehingga mereka hanya dapat memanen padi sekali dalam setahun. Dengan kondisi demikian, para petani Jepang jaman dahulu dipaksa dan harus berdisiplin waktu agar padi yang mereka tanam dapat dipanen sesuai dengan waktunya sesuai dengan msuimnya. Bila gagal panen mereka tidak bisa makan nasi selama setahun. Waktu tanam harus sesuai dan pas jadwal yang telah ditetapkan. Kebiasaan bertahun-tahun dalam bercocok tanam membuatnya menjadi suatu kebiasaan dan budaya bagi masyarakat Jepang.

Begitulah masyarakat Jepang menghargai waktunya. Dengan kedisiplinan terhadap waktu mereka lebih mudah melakukan suatu rencana pekerjaan yang pada akhirnya membuat segalanya menjadi efisien. Bagaimana dengan Negara kita sendiri yang sudah terkenal dengan jam karetnya, apakah kita harus menyalahkan Negara ini? Tentulah tidak, lalu bagaimana kita memperbaikinya? Mari kita tengok pada diri kita sendiri, apa yang telah kita lakukan selama ini. Sudahkah kita belajar untuk disiplin dan beretos kerja yang tinggi dalam setiap melakukan sesuatu? walaupun seambrek kegiatan yang dimiliki orang Jepang, mereka selalu berusaha mengaturnya dengan seksama, jika mereka dengan tegas mengatakan akan tiba kesekolah pada pukul 7, maka pada pukul 7 lah mereka telah berada disekolah. Coba bandingkan dengan negara kita apabila ditanya soal waktu selalu mengatakan "kira-kira" pada awal kalimat.

Mulai dari sekarang mari kita ubah cara pandang kita akan waktu, berusaha memanage setiap hal yang akan kita lakukan dengan menghargai waktu, kalau bukan kita siapa lagi yang akan berubah menjadi lebih baik. Karena negara yang berkembang adalah negara yang masyarakat didalamnya mempunyai etos kerja dan kedisiplinan yang tinggi. ^^

by Erika Hime

2 komentar:

  1. visiting back...
    tulisan yang bagus, kakak. saya juga suka jepang. pengen banget bisa ke sana :)

    BalasHapus
  2. iya sama sya jug pengen kesana >,< kpan yah hmm..
    yuk kita kesana breng hehehe...

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me