Pages

topbella

Jumat, 12 Agustus 2016

Kepolosan Anak Terhadap Nasionalisme

Lucunya kanakan(anak-anak) pagi ini ...


Ada mahasiswa KNN berjas kuning entah dari jurusan apa, bersosialisasi di sekolah tentang "pancasila dan korupsi disekolah". Mahasiswanya mengatakan kepada anak-anak "Pancasila NKRI ......."
lalu siswa diminta untuk menjawab "Harga Mati "
Namanya anak-anak diminta untuk  menjawab seperti itu ya menurut saja . kemudian ada yg bilang seperti ini 



"Bu apaan itu harga mati?" 

"Harga diri?" (Apa lagi ini ? yang lain ikutan bertanya padaku :')
😂)

"Harga berdiri?" (Ini yg nyeleneh lol)
😂

"Bu di beli kah pakai harga terus kita mati?" (Tambah ngakaklah saya mendengar yang seperti ini )
😱


Pagi-pagi sudah bikin ketawa. Sebenarnya penanaman NKRI,  Pancasila dan  sebagainya  tidak perlu caranya  seperti itu. Caranya harus lebih asik apalagi terhadap anak-anak , mereka masih sangat polos kalau dijejali kata-kata nasionalis dsb. Karena mereka memang belum mengerti apa itu harga mati, NKRI atau bahasa nasionalis yang sering dipakai oleh mahasiswa, mereka hanya tahu pancasila ada lima dan biasa menghapalkannya di kelas bersama gurunya.  Seharusnya praktiknya yang dijelaskan dan dicontohkan kepada anak-anak, sebagai contoh tidak mengganggu teman mengamalkan pancasila berapa? sudahkah kita mengamalkan bagian dari pancasila berlaku jujur ketika ulangan?. 
yang sangat saya sayangkan kok seperti  mahasiswa di kampus yang diajak bicara. sedangkan ini adalah anak-anak SD yang dengan kepolosannya tak mengerti apa-apa. saya hanya bisa senyum-senyum sendiri melihat kepolosan mereka. 

mengajarkan tentang rasa nasionalis itu tidak dilarang, tentu saja boleh, dan sah-sah saja. hanya saja caranya bisa diperbaiki lagi komunikasinya sesuai situasi dan kondisi apalagi yang di hadapi adalah anak-anak. mahasiswa adalah seorang akademisi tentunya paham akan hal itu, saya tidak mengeneralisasikan semua mahasiswa hanya sekedar memberi masukan kepada mahasiswa seperti yang bersosialisasi di sekolah tempat saya mengajar. 


Selamat pagi semoga hari ini menyenangkan dan berkah aktivitas yang dilakukan.^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me