Pages

topbella

Selasa, 31 Desember 2013

my graduation

Alhamdulillah
Hanya kata-kata itu yang bisa kuucapkan berulang kali, pada 15 Desember adalah hari yang bersejarah bagi saya, yah itu adalah hari wisuda saya untuk mendapat kan gelar S.Pd.I (Sarjana Pendidikan Islam)


Pertama-tama saya ingin mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga pada Allah SWT yang memberikanku segala kemudahan dalam segala urusanku dan tentunya atas izin-Nya aku bisa lulus 7 semester. Begitu juga saya sangat berterimakasih pada kedua orang tuaku yang selalu memberikan dukungan dan telah mendoakan putri pertama mereka ini, dan tak lupa ka ihsan yang selalu menyemangatiku dan para sahabatku.

Begitu banyaknya kenangan yang terukir saat mengerjakan skripsi, hal ini pasti banyak terjadi pada para mahasiswa yang sedang berkutat dengan skripsi dari rasanya nano nano hehe B)
Saat pemindahan toga pun rasanya jantung ini seakan berhenti sejenak untuk berdetak, pokonya so nervous gitu rasanya , inilah hari bersejarah dalam hidupku setelah apa yang kulakukan pada studyku selama ini, inilah hasil kerja kerasku..

Aku ingin sedikit bercerita tentang lika-liku mendapatkan hadiah yang spesial buat kedua orang tuaku ini, jadi seperti inilah perjalan studi ku yang kujalani selama ini

Seperti halnya mahasiswa seperti biasanya aku jalani semester demi semester dengan menghadiri kuliah , mengerjakan berbagai macam paper, presentasi dan organisasi pastinya. Semester 1 masih sepertinya mahasiswa yang baru merasakan kuliah (sedikit alay awalnya si hihihi), semester 2 masa galau-galaunya karena sedikit menyesal mengapa beasiswa full sastra Jepang yang di Jakarta tak kuambil saja malah kupertahankan Pendidikan bahasa Arab di Jogja. Setelah berpikir lama-lama sangat lama malah akhirnya galau penyesalan itu sirna begitu saja , ah masa? Tidak si, aku memutuskan dengan mengambil kursus bahasa Jepang lagi untuk memperkuat saja supaya tidak lupa heheh dan akhirnya aku bertemu Yuni sensei yang engetahui kemampuanku sebenarnya dan kalau teman-teman kursus ada yang tidak masuk aku diberi materi lebih , alhamdulillah yah :D.  

Pada semester 3 kalau tidak salah aku menginjakkan umur ke 20 entah kenapa aku galau berat aku dah kepala dua harus ngapain selanjutnya, ga boleh main-main lagi lah pastinya. Disitu aku memutuskan fokus kuliah dan organisasi sampai semester 4. Pada smseter 5 inilah aku membuat keputusan yang bisa kunikmati sekarang ini  hasilnya, aku memutuskan vakuum diorganisasi dan fokus kuliah saja karena sks yang ku ambil 24 akan cukup melelahkan pastinya untuk dijalani, awalnya aku berniat sekalian pelan-pelan membuat proposal skripsi biar cepat selesai tapi ternyata aku menganggur belaka hehe..
Ketika semester 6 disitulah keinginan kuat untuk lulus cepat membuncah seperti balon yang akan meledak, apa hubungannya ya? Hmm... saat itu aku memplanning semua apa yang kuinginkan secara detail, dan ternyata aku mempunyai mata kuliah dengan nilai C+ dan sedikit gengsi tidak ingin memiliki nilai C dalam transkip nilaiku kelak semseter 6 inilah aku mengulang mata kuliah itu, yah itu adalah Istima’ 2 yang diampu oleh pembimbing skripsiku, alhamdulillah ga dapat C lagi walauun dapat B- tetap disyukuri yah J . Pelan-pelan aku merancang proposalku dengan judul yang macam-macam yang kuminati, aku juga sudah berniat ingin mengambil penelitian pustaka saja biar tak penelitian disekolah karena aku orangnya suka nyasar di Jogja heheh..

Awalnya aku berniat meneliti sebuah buku, tapi setelah main-main keperpus bagian skripsi ada judul yang menarik perhatianku yaitu membandingkan 2 bahasa, bahasa Arab dengan bahasa asing lainnya. Banyak sekali bahasa asing yang sudah dibandingkan, dan ada judul yang makin membuatku tertarik yaitu membandingkan dengan bahasa Jepang. Jika skripsi terdahulu membandingkan kata kerja bahasa Arab dan bahasa Jepang aku pun harus mempunyai objek yang harus kubandingkan dan tak lepas dari bahasa Jepang. Dan aku memutuskan mengambil judul :
تحليل تقابلي الجملتان المعلومة و المجهولة في اللغة العربية و اللغة اليابانية
(Analisis Kontrastif Kalimat Aktif-Pasif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Jepang)

Akupun mantap mengambil judul ini dan sudah mempunyai banyak bahan rujukannyadipertengahan semester 6,tapi awal perjalanan saja sudah sangat wow sekali, ketika mengajukan judul ke dosen pembimbing akademik saja harapan diterima saja 10 % dosen ku tak ingin aku mengajukan judul itu dikarenakan takut tidak ada yang bisa menguji, kalau tidak bisa menguji mengapa ada skripsi yang temanya seperti itu di perpustakaaan? Yah itu hanyalah pikirku. Bapaknya ingin aku membandingkan dengan bahasa Inggris, Inggris? Oh no aku tidak terlalu menguasainya guys, niatku ingin mengambi judul ini adalah pertama karena MINAT dan tentunya aku MAMPU untuk mengerjakannya. Setelah berapa lama aku meminta dosen dengan sudah sangat memelas akhirnya mendapat acc dari beliau, beliau hanya berpesan “saya tidak mau tahu jika nanti pak Kajur menolak”. Apa maksud beliau mengatakan itu? Aku hanya sambil lalu mendengarnya.

Ketika mengajukan proposal ke kajur apa yang dikatakan dosen pembimbing akademik ku benar, pak Kajur tak mau menerima dengan alasan bagaimana nanti mengujinya dan siapa yang mau jadi pembimbingku, jurus memelasku juga tak mampu meluluhkan hati bapaknya. Akhirnya aku diberi kebebasan untuk mencari dosen yang mau membimbing skripsi kelak, dan aku langsung berlari mencari dosen siapa saja, dan akhirnya aku bertemu dengan dosen Istima’ karena kutahu bapaknya suka sama bahasa asing apalagi korea, kan lagi pada demam korea ya sekarang ini, ku beranikan diri untuk bicara dengan bapaknya dan meminta kesediaan beliau untuk menjadi pembimbingku dan ternyata beliau  mau, dengan hati riang gembira aku pergi keruang kajur dan tanggapan pak kajur “bapaknya itu mau pindah, kalau kamu sekarang dibimbing Cuma sampai pertengahan saja bagaimana? Saya tidak bisa mengganti pembimbing, mau tidak mau harus buat ulang” bagai disambar petir dengan omongan itu guys… dengan semangat yang tadinya 100% menjadi 7% untuk melanjutkan semua ini, rasanya ingin nangis tak bisa kan dikampus heheh…

Setelah curhat-curhat gitu dengan teman-teman sebagian besar menyarankan untuk mundur mumpung belum buat sama sekali dan waktu masih banyak (kan masih semester 6 ceritanya). Tapi? Aku sudah meloby bapaknya menjadi pembimbingku, what should I do ? galau pun melanda lagi dalam hidupku J . atas saran ka Ihsan “ lanjutkan saja, masa dosen mau menyia-nyiakan mahasiswamya, toh bapaknya yang mau jadi pembimbingmu. Kita serahkan saja ma Allah, kalaupun pindah ya sudah buat lagi jangan dibuat repot
Setelah mendengar kata-kata itu aku jadi bersemangat lagi kuteruskan bimbinganku dan akhirnya aku seminar proposal skripsi dan galau itu masih nempel-nempel gitu, banyak sekali yang kupikirkan bagaimana jika aku gagal ditengah jalan? Sedangkan aku punya target. Sebulan aku menganggur tak mengerjakan skripsi , ke bab 2 pun aku malas mengerjakannya. Dan masa KKN-PPL sudah semakin dekat aku mencoba mengumpulkan semangat untuk mengerrjakannya, dalam waktu 2 minggu aku bisa menyelesaikan bab 2 dan 3. Begitu juga dengan masa KKN-PPL dalam 2 bulan aku bimbingan skripsi dan banyak juga revisi di bab 3 karena analisisku tidak sama dengan dosenku, jadi ya manut sajalah J. Ketika masa KRS-an nama dosen pembimbingku ada dalam daftar mata kuliah dan ketika bimbingan di rumah beliau sempat mengobrol dengan istri beliau bahwa bapak sibuk mengajar di pascasarjana, berarti bapaknya ga pindah ya, entah senang banget, makin semangat kuselesaikan dan pertengahan sepetember aku bisa acc untuk di munaqosyahkan J.

Kemudian aku menyelesaikan KKN-PPL ku juga dan laporannya tentu saja. Karena jika ingin wisuda desember harus terakhir munaqosyah adalah 18 Oktober aku pun berlari sekencang-kencangnya dan pas penarikan KKN-PPL adalah 5 Oktober segera aku dan sahabatku andi (yang skripsian bareng aku) meloby pihak panitia PPL-KKN untuk bisa ujian duluan sebagai syarat daftar munaqosyah. Perjuangannya sangat diingan dikepalaku , aku harus bolak balik dari lantai 2 ke lantai 4 berulang kali dalam sehari trus kelantai 1 ke lantai 4 lagi hanya untuk bisa ujian PPL-KKN duluan, dan Alhamdulillah Allah selalu memudahkan segala urusanku, dosen pembimbing lapanganku juga memudahkan ku dalam ujian dan hari itu juga aku menerima nilaiku dan aku bergegas untuk menyiapkan segala keperluan untuk mendaftar munaqosyah. Kalau diingat yang paling pedih adalah selalu diomelin ibu TU karena sok cepat dan sok pengen lulus duluan, padahal ga si aku kan ga tau apa-apa hanya bisa diomelin, selalu diomelin ga jelas didepan para junior, tau kan rasanya malu ? tapi itu dah berlalu hahah J

Segala keperluan sudah siap tapi aku lupa menerjmahkan abstrack dan membuat power poin sedangkan dateline mendaftar semakin dekat, akhirnya dari jam 4 subuh sampai 9 pagi aku mengerjakannya entah salah atau tidak (pikiran yang terlalu slow) heheh..
Alhamdulillah
Aku bisa munaqosyah dengan Andi tanggal 18 Oktober juga,
Kalau diingat-ingat aku merasa malu saja pas ujian heheh aku membuat ulah dan dosen pembimbing dan pengujiku ikut tertawa (aku seperti ngelawak heheh…) J
Finally.. aku dinyatakan LULUS
Saat munaqosyah :)
Setelah lika-liku perjuangan yang telah kulalaui, dan aku lulus dengan 7 semester 3 tahun 1 bulan 18 hari. Dan tak disangka-sangka sehari sebelum wisuda ada perpisahan fakultas aku mendapatkan peringkat kedua sejurusanku (dilihat dri IPK) jadinya cumlaude deh,, Alhamdulillah ‘ala kulli hal J.
Tapi terkadang ada yang nanya mengapa bisa secepat itu, apa tidak PPL? Yah aku juga mengalami PPL mengajar didlam kelas, karena fakultasku KKN dan PPL digabung menjadi 3 bulan tidak seperti universitas lain makanya kemungkinan untuk lulus cepat itu bisa… apakah IPK ku tinggi? Ga juga, IPK ku biasa saja tapi ya tidak jelek-jelek banget si hehhe.. selama ini aku tidak memikirkan IPK yang penting aku MAJU dulu masalah IPK belakangan, kerjakan sebisanya dan jangan menyerah tetap istiqomah dengan niat kita semula, oleh karena itu aku terharu banget bisa dapat peringkat 2 sejurusan.. (bukannya sombong loh ya)
Foto Bareng Bapak Kajur PBA UIN Suka dan 3 besar peraih IPK tertinggi
Foto bareng angkatan 2009 dan Dosen ku yg lulus S3

Narsis dulu ye :) ada ceri bel

narsis di tangga :)
kami berdua yg tercepat dari angkatan 2010

Karena sibuk dengan ini dan itu baru sekarang aku bisa mengisi blogku heheh….
Semoga ilmu yang kudapatkan di almamater tercintaku UIN Sunan Kalijaga bisa kugunakan dengan baik dan bermanfaat bagi orang banyak J



By : Erika hime~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me