Pages

topbella

Senin, 01 April 2013

Belajar Bahasa Asing??



Bahasa asing yang kita ketahui adalah bahasa selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah, dan pastinya sudah termenej di kepala kita bahwa bahasa asing itu sangat sulit untuk kita pelajari. menganggap bahasa asing adalah sebuah momok dalam hidup. Seperti bahasa Inggris yang sudah kita kenal dari bangku sekolah dasar, dan mungkin tidak hanya aku saja yang merasakan hal seperti itu yang tak menyukai bahasa inggris.

Setelah berada di bangku SMP dan SMA bahasa Inggris pun makin membuat kepala menjadi sangat pusing dari guru yang hanya meberikan tugas ketika mengajar dan tak menjelaskan secara rinci materi yang diberikan dikelas. Mulai dari situlah aku enggan untuk mempelajarinya lebih lanjut hingga akan diselenggarakannya UN SMA tahun 2010 lalu. Dari situ aku pun sibuk sendiri untuk belajar bahasa Inggris  dari mencari guru privat agar hasil ujian saat itu bisa lulus entah dengan nilai yang pas-pasan. Setelah hasil ujian keluar Alhamdulillah aku mendapat nilai yang sangat lumayan, tapi setelah itu aku melupakan begitu saja “ilmu bahasa inggris” yang telah kupelajari dari guru privatku.
Hingga akhirnya aku menjadi seorang mahasiswi di sebuah Universitas di Yogyakarta, aku memulainya dengan tanpa berkepikiran akan mempelajari bahasa Inggris lagi. Mungkin sudah jodoh dengannya ya ada mata kuliah bahasa Inggris, awalnya aku merasa kesulitan mempelajarinya karena dari awal aku menganggap bahasa Inggris itu susah dan tidak penting. Setelah bertemu dengan dosen yang berusaha menyemangati mahasiswa untuk menyukai bahasa Inggris, hatiku tergugah untuk mecoba menyukai bahasa Inggris dan mempelajarinya dengan ikhlas hehe... J
Lambat laun semakin naik semester aku bertemu dengan dosen yang sangat luar biasa juga, beliau memberi tahu kami  bahwa mahasiswa bahasa Arab (aku mahasiswa pendidikan bahasa Arab) tidak hanya bisa bahasa Arab saja tetapi harus bisa bahasa Asing lain, dan ketika kami menjawab bahasa Asing itu adalah bahasa Inggris beliau menjawab tidak. “ anakku bahasa Inggris itu wajib kalian pelajari karena sudah satu paket dengan bahasa Arab, apalagi bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang banyak digunakan untuk komunikasi seluruh dunia, dan itu juga sudah sangat umum. Setidaknya kalian bisa menguasai tiga bahasa asing selain bahasa Arab, Inggris dan bahasa asing lainnya”
“ya mungkin bahasa Mandarin yang sedang membooming, bahasa Jepang, bahasa Iran dan lain-lain” lanjut beliau. Aku berfikir sejenak , aku sudah mengantongi bahasa Jepang yang telah kupelajari di bangku SMA. Setidaknya aku bisa sedikit belajar bahasa Inggris agar lebih fasih. Sejak saat itu aku mengulang kembali untuk mempelajari bahasa Jepang dan bahasa Inggris secar perlahan tapi pasti.
Semakin naik semester aku merasakan banyak referensi kuliah yang menggunakan bahasa Inggris, aku pun masih merasa kesulitan , step by step lah itu fikirku. Mencoba dan mencoba mempelajarinya agar aku bisa. Tanpa disadari bahasa Inggris ini sangat penting juga ya bagi kuliahku. Dan bertemu teman-teman didunia maya pun mereka banyak menggunakan bahasa Inggris (bukan orang Indonesia). Seorang kenalanku Eri chan berkebangsaan Jepang, ketika ku ajak bicara dengan bahasa Jepang dia menjawab dengan bahasa Inggris sungguh lucu tapi aku salut dengannya, dia ingin menjadi seorang guru bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar. Subhanallah cita-cita yang luar biasa J
Walaupun memakai bahasa asing terkadang kita sedikit menjadi kebiasaan berbicara didepan umum dan tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, bukan berarti kita menggunakan bahasa Asing karena kita tidak nasionalis tapi kita sedang belajar kawan. Dizaman yang super modern dan globalisasi ini bahasa asing sangat berperan penting dalam kehidupan, walaupun belum bermanfaat untuk sekarang suatu saat akan bermanfaat buat kita dan orang lain. oleh karena itu manfaatkan sebaik mungkin peluang yang ada dengan cakap berbahasa asing sebanyak-banyaknya mumpung masih bisa menuntut ilmu. Setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda ^^

About Me